Hindari Ujub atau Engkau Akan Binasa

Ujub dalam islam diartikan sebagai perilaku atau sifat mengagumi diri sendiri atau mengagumi ‘Amal baik yang telah dilakukannya. Sifat ujub sendiri merupakan salah satu sifat tercela atau sifat yang harus dihindari oleh umat muslim karena sifat ini bisa membuat seseorang menjadi sombong.
Kalau kita menjumpai ayat al-qur’an, seperti ayat yang satu ini:  Bagi Allohlah semua kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada di antaranya.” (QS. Al Maidah : 120). Maka, kita akan sadar bahwa segala sesuatu yang ada dilangit dan dibumi termasuk apa yang kita miliki, tak sepatutnya kita terlalu membanggakannya. Karena semuanya adalah milik Alloh yang hanya dipinjamkan kepada kita agar kita dapat memanfaatkannya.
Ada banyak sekali faktor yang melatar-belakangi timbunya sifat Ujub dalam hati manusia, diantaranya:
Pujian
Tanpa kita sadari yang menjadi salah faktor timbulnya Ujub dalam hati adalah pujian. Seseorang yang selalu mendapat pujian dari sekelilingnya, berarti benih-benih kebanggaan terhadap diri sendiri semakin lama semakin menjadi-jadi, meskipun tidak semua orang begitu. Karena orang yang mempercayai pujian itu akan selalu merasa bangga dan dirinya punya kelebihan, sehingga menjadikannya malas untuk berbuat kebajikan. Rosululloh pernah terkejut ketika melihat seseorang yang memuji orang lain secara langsung, sampai-sampai beliau bersabda, “Sungguh dengan pujianmu itu, engkau dapat membinasakan orang yang engkau puji. Jikalau ia mendengarnya, niscaya ia tidak akan sukses.”
Naik Daun
Terkenal di kalangan banyak orang, maka ia semakin menjadi buah bibir masyarakat. Karena semakin banyak yang mengenalnya, maka dia semakin kagum terhadap dirinya sendiri. Semuanya itu akan memudahkan timbulnya perasaan ‘ujub pada hati seseorang.
Kekuasaan
semakin seseorang memiliki kedudukan yang mapan, maka ia semakin mudah mendapatkan apa yang diinginkannya. Selain karena penguasa biasanya mempunyai kebebasan bertindak tanpa ada protes dari orang yang ada di sekelilingnya, dan banyak orang yang kagum dan memujinya. Fenomena semacam ini akan menyebabkan hati seseorang mudah dimasuki perasaan ‘ujub. Seperti kisah Raja Namrud yang menyebut dirinya sebagai Tuhan, karena dia menjadi seorang penguasa. Dan seandainya di lemah dan miskin, tentulah tidak akan menyebut dirinya sebagai Tuhan.[1]
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh setiap orang muslim agar dirinya terhindar dari penyakit ‘ujub, diantaranya adalah :
Sadar Akan Hakikat Dunia dan Akhirat
Hendaklah seseorang selalu sadar bahwa dunia adalah tempat menanam kebahagiaan kehidupan akhirat. Dia harus sadar bahwa sekalipun umurnya panjang, namun dia tetap akan mati, kemudian hidup di sebuah kampung abadi yaitu akhirat. Kesadaran seperti ini akan mendorong seseorang untuk meluruskan akhlaknya yang bengkok, sebelum napasnya meninggalkan jasadnya dan sebelum hilang kesempatan untuk bertaubat.
Ingat Nikmat Allah
Allah s.w.t berfirman: “Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan dapat menghitungnya.” (QS. Ibrahim: 34)
Dengan kesadaran seperti ini, seseorang akan merasa lemah dan merasa butuh kepada Allah, sehingga dia akan membersihkan diri dari penyakit kagum diri dan berusaha terhindar darinya.
Introspeksi Diri
Dengan demikian, mudah dideteksi gejala awal dari segala bentuk penyakit hati, terutama penyakit kagum pada diri sendiri. Dengan demikian, penyakit ini akan mudah diobati.
Memohon Bantuan Allah
Dengan cara berdoa dan senantiasa memohon perlindungan dari-Nya agar terhindar dari penyakit kagum diri dan tidak terjerumus ke dalamnya.[2] Dan inilah jalan pertama dan terakhir agar kita senantia mendapatkan penjagaan Allah dari sifat Ujub yang kelak akan menyengsarakan kita semua.

Kalau demikian, berarti sifat Ujub dapat membinasakan  setiap manusia yang menyandangnya. Karena Ujub tidak memandang golongan, keturunan dan suku dari belahan manapun, jika dalam hatinya sudah tersebar benih-benih Ujub, maka segeralah untuk menghilangkannya.




[1] http://www.masuk-islam.com/riya-sumah-ujub-dan-takabur-adalah-4-paket-sifat-tercela-yang-harus-di-hindari.html
[2] http://www.lampuislam.id/2015/02/9-tips-cara-menanggulangi-penyakit-ujub.html

Unknown

No comments:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com