Hubbun Dunia Sumber Kejelekan?

Mungkin kita bertanya-tanya dengan pernyataan (judul) diatas. Benarkah pernyataan diatas? atau hanya judul untuk mencari sensasi saja? Atau mungkin pernyataan yang tidak bisa dipertanggung-jawabkan? Baiklah, untuk memperkuat pernyataan diatas, ada sebuah hadist dari Nabi Muhammad SAW,

( أصل جميع الخطايا حب الدنيا وأصل جميع الفتن منع العشر و الزكاة)
Artinya: “Sumber dari segala kejahatan adalah cinta dunia dan sumber dari segala fitnah-fitnah adalah mencegah 1/10 dan Zakat”. (lihat kitab Nasha’ihul Ibad).  

Maksud dari Sumber dari segala kejahatan adalah cinta dunia menurut Imam Nawawie Al-Bantani adalah terlalu berlebihan dalam memenuhi keinginannya. Ini sering kita saksikan, betapa orang-orang yang terlalu cinta dunia, rela mati untuk mendapatkan apa yang ia inginkan, menghalalkan berbagai macam cara demi tercapainya keinginan. Sehingga ia lupa akan tugasnya sebagai seorang hamba, bahwa hamba memiliki kewajiban yang harus dilaksanakan dan juga larangan yang harus dihindari. Adalah tugas kita bersama menunjukan dan mengingatkan saudara-saudara kita yang lupa dari kebenaran.
Saudaraku, mari latih diri kita dari terjerumus kedalam tipu daya dan kenikmatan dunia. Telah banyak korban yang telah berjatuhan oleh tipu dayanya. Memang salah satu hal berat bagi kita adalah meninggalkan dunia dan segala kenikmatan yang menghiasinya. Imam Ad-Dailami pernah meriwayatkan sebuah hadist:

 ( ترك الدنيا أمرّ من الصبر وأشدّ من حطم السيوف في سبيل الله ولا يتركها أحد إلاّ أعطاه الله مثل ما يعطي الشهداءَ, وتركها قلّة الأَكل والشبعِ وبغض الثناء من الناس فإنّه من أحبّ الثناء من الناس أحبّ الدنيا ونعيمها, ومن سرّه النعيم كلّ النعيم فليدع الدنيا والثناء من الناس )
          Artinya: “meninggalkan harta dunia lebih pahit dari pada bersabar dan lebih pedih daripada goresan pedang dijalan Allah, tak seorangpun yang meninggalkannya melainkan Allah memberikan pahala kepadanya sebagaimana balasan yang Allah berikan kepada para syuhada’ (orang yang mati karena membela agama-Nya). Adapun meninggalkan dunia adalah dengan menyedikitkan makan dan kekenyangan, dan tidak senang terhadap pujian dari manusia.  Bahwasanya seseorang yang senang terhadap pujian dari sesama manusia berarti ia telah cinta dunia dan segala kenikmatanya, dan siapapun yang merasa bahagia dengan semua kenikmatannya maka, seyogyanya ia bergegas meninggalkan keduanya”.

          Dari hadist diatas terselip pelajaran penting yang bisa kita ambil sekaligus kita jadikan sebagai sarana untuk meraih Ridha Allah SWT. Terlebih lagi, agar kecintaan pada dunia tidak sampai mendarah daging dalam hati kita. Disini kita diberi aba-aba sederhana oleh baginda nabi.
Pertama, menyedikitkan makan dan kekenyangan. Ketahuilah, bahwa sedikit makan adalah salah satu kebiasaan orang-orang sufi. Sesungguhnya pakaian kesufian itu bisa melahirkan kesenangan bertafakkur didalam hati. Dan dari Tafakkur itulah bisa mendatangkan hikmah, sedangkan tempat beredarnya hikmah itu sendiri diperedaran darah. Maka, orang yang banyak ber-tafakkur berarti ia sedikit makan, begitu pula sebaliknya. Orang yang sedikit Tafakkurnya maka, ia banyak makannya. Siapa yang banyak makannya maka, keras hatinya. Jika keras hatinya maka ia jauh dari tuhannya, jauh dari surganya dan dekat dengan nerakanya.
Kedua, tidak senang dengan pujian sesama manusia. Orang yang senang akan pujian sesama manusia maka ia telah dibutakan dari jalan kebenaran serta ia dibuatnya tuli dari mendengarkan sesuatu yang benar. Lalu ia akan dibuatnya lupa akan kesalahannya sendiri. Na’udzubillah.
Kesimpulan
Kita adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah untuk menjadi khalifah di bumi-Nya, dan juga kita tidak diciptakan melainkan untuk beribadah kepada-Nya. Oleh karenanya hubbu dunya tidak pantas bersarang dalam hati kita. Karena hubbu dunya akan menyibukan kita dari tujuan yang sebenarnya, yaitu menegakkan hukum-hukum-Nya di muka bumi dan beribadah kepada-Nya.

Unknown

No comments:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com