Bersyukurlah! Maka, Kebahagiaan Akan Menjemputmu

Ketika kita mendapatkan sedikit, kita pasti menginginkan yang lebih. Ketika kita mendapatkan lebih, kitapun mengiginkan yang banyak lagi. Namun, ketika kita kehilangannya, kita kemudian baru menyadari bahwa sedikit saja ternyata sudah sangat cukup. Beginilah sifat manusia, selalu kurang dan kurang. Dengan semua harapannya ingin selalu memiliki dan tak merasa cukup dengan apa yang sudah dimilikinya. Wajar jika manusia berlaku demikian, karena memang manusia selalu ingin memiliki dan takut untuk kehilangan.
Maka, bersyukurlah! Karena dengan demikian kita mungkin akan terlepas dari belenggu keinginan hawa nafsu kita. dan ikhlaskanlah segala sesuatu yang lepas dari genggaman kita, tanpa harus mengorbankan harapan kita yang lebih besar dan lebih mulia. Kenapa demikian? karena apapun yang kita miliki saat ini  pada akhirnya akan ditinggalkan juga. Lalu, untuk apa ita harus menghabiskan banyak waktu demi hal-hal yang mudah hilang dan membosankan.
Sekarang bagaimana? Upayakan untuk menghiasi pikiran dan sika dengan rasa syukur kapanpun, dimanapun, dan dalam keadaan apapun. Karena dengan kita bersyukur. Sikap, mental, dan prilaku kita menjadi lebih positif. Dibalik segala sesuatu yang kita keluhkan pasti ada satu hal yang dapat kita syukuri. Biasakanlah bersyukur, karena pada akhirnya kita akan dapat melihat lebih banyak warna baru dalam lembar dan perjalanan kita selanjutnya.
Lalu, apa dan bagaimana cara kita bersyukur?
Agar kita lebih mudah memahami bagaimana cara kita bersyukur kepada Allah SWT. temen-temen, ada tiga model bersyukur yang paling familiar dikalangan orang-orang. Apa sajakah tiga model itu? Ini dia!
Syukur dengan Hati
Syukur dengan hati dilakukan dengan menyadari sepenuhnya bahwa nikmat yang diperoleh adalah semata-mata karena anugerah dan kemurahan Ilahi. Seorang yang bersyukur dengan hatinya saat ditimpa malapetaka pun, boleh jadi dapat memuji Tuhan, bukan atas malapetaka itu, tetapi karena terbayang olehnya bahwa yang dialaminya pasti lebih kecil dari kemungkinan lain yang dapat terjadi.
Syukur dengan Lidah
Syukur dengan lidah adalah mengakui dengan ucapan bahwa sumber nikmat adalah Allah sambil memuji-Nya. Al-Quran, seperti telah dikemukakan di atas, mengajarkan agar pujian kepada Allah disampaikan dengan redaksi “al-hamdulillah.”
Jika kita mengembalikan segala puji kepada Allah, maka itu berarti pada saat Anda memuji seseorang karena kebaikan atau kecantikannya, maka pujian tersebut pada akhirnya harus dikembalikan kepada Allah SWT, sebab kecantikan dan kebaikan itu bersumber dari Allah. Di sisi lain kalau pada akhirnya ada perbuatan atau ketetapan Tuhan yang mungkin oleh kacamata manusia dinilai “kurang baik”, maka harus disadari bahwa penilaian tersebut adalah akibat keterbatasan manusia dalam menetapkan tolok ukur penilaiannya. Dengan demikian pasti ada sesuatu yang luput dari jangkauan pandangannya sehingga penilaiannya menjadi demikian. Walhasil, syukur dengan lidah adalah “al- hamdulillah” (segala puji bagi Allah).
Syukur dengan Perbuatan
Nabi Daud a.s. beserta putranya Nabi Sulaiman a.s. memperoleh aneka nikmat yang tiada taranya. Kepada mereka sekeluarga Allah berpesan,
“Bekerjalah wahai keluarga Daud sebagai tanda syukur!” (QS. Saba [34]: 13).
Yang dimaksud dengan bekerja adalah menggunakan nikmat yang diperoleh itu sesuai dengan tujuan penciptaan atau penganugerahannya.
Ini berarti, setiap nikmat yang diperoleh menuntut penerimanya agar merenungkan tujuan dianugerahkannya nikmat tersebut oleh Allah. Ambillah sebagai contoh lautan yang diciptakan oleh Allah SWT. Ditemukan dalam Al-Quran penjelasan tentang tujuan penciptaannya melalui firman-Nya:
“Dialah (Allah) yang menundukkan lautan (untuk kamu) agar kamu dapat memakan darinya daging (ikan) yang segar, dan (agar) kamu mengeluarkan dan lautan itu perhiasan yang kamu pakai, dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari karunia-Nya (selain yang telah disebut) semoga kamu bersyukur” (QS. An-Nahl [16]: 14).

Sumber lain yang juga menjadi rujukan : nadiaqu.wordpress.com

Unknown

No comments:

Post a Comment

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com